Kopertip Indonesia Menyasar PT Unggul bagi Anggotanya

Perguruan tinggi yang tergabung dalam konsorsium Kopertip Indonesia menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tanggal 8 hingga 10 Februari 2019 di Cijedil, Cugenang, Cianjur dengan tema “Membangun Sinergi Menuju Perguruan Tinggi Unggul”. Dalam Rakernas ini Kopertip menargetkan anggotanya menjadi Perguruan Tinggi Unggul yang memiliki akreditasi institusi minimal B. Beberapa program kerja disusun dalam Rakernas ini untuk menjadikan anggota Kopertip menjadi PT Unggul.

Dalam arahannya, Dewan Pembina Kopertip Indonesia, Dr. AB. Susanto dan Dr. Musa Yosep, mengingatkan kembali sejarah terbentuknya Kopertip Indonesia yang diawali pada tahun 2008 saat bersama-sama menjalankan program Jaringan Pendidikan Nasional (Jardiknas) Kemdiknas. Didorong oleh keinginan dan kebutuhan yang sama, beberapa perguruan tinggi membentuk Konsorsium Perguruan Tinggi Provider Jardiknas yang disingkat menjadi KOPERTIP. Dengan semakin banyaknya anggota dan semakin luasnya jaringan, maka Kopertip Indonesia menjadi strategis untuk menjadikan anggotanya sebagai PT Unggul. Salah satu program untuk menjadikan anggota Kopertip menjadi PT Unggul adalah dengan menyelenggarakan Workshop SPMI dan AIPT, serta dilanjutkan dengan pemagangan akreditasi ke PT yang sudah memiliki kualitas Unggul sehingga dapat belajar secara langsung. Dalam Rakernas Kopertip ini disampaikan juga paparan tentang Membangun Kerjasama dan Jaringan Akademis untuk Perguruan Tinggi Berkualitas dalam Mewujudkan Masyarakat 5.0 oleh Prof. Dr. Didik Sulistyanto, Rektor Universitas Budi Luhur.


Direktur Eksekutif Kopertip Indonesia, IB. Budiyanto, menyampaikan, bahwa saat ini Kopertip memiliki anggota 14 perguruan tinggi yang tersebar di 7 provinsi di Indonesia. Rakernas Kopertip tahun ini dihadiri oleh seluruh Pimpinan Perguruan Tinggi amggota Kopertip Indonesia yang terdiri dari STMIK AMIKBandung, STMIK IKMI Cirebon, Politeknik TEDC Bandung, STMIK Tasikmalaya, Politeknik Sukabumi, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Harapan Bersama Tegal, AMIK Dian Cipta Cendekia Lampung, STMIK Bani Saleh Bekasi, STMIK Dian Cipta Cendekia Kotabumi, Politeknik Piksi Input Serang, Universitas Darwan Ali, STMIK Bina Insani Bekasi dan Universitas Budi Luhur. (ib)